Friday, March 22, 2013

Music Chart | 105.8 Ardan FM, Oz 103 FM, 102.3 Rase FM Bandung (pertengahan 1990an)

Acara mingguan music chart (atau di banyak radio di Indonesia disebut sebagai "tangga lagu") pada era 1970an hingga awal 2000an merupakan acara favorit pendengar radio, baik music chart lagu-lagu internasional maupun chart music lagu Indonesia, bahkan sejumlah radio berformat dangdut pun memiliki music chart khusus musik dangdut.

Di radio-radio Indonesia dan juga di dunia ada yang mensidikasikan acara music chart ini secara regional, nasional, bahkan internasional. Ada yang disiarkan di beberapa radio dalam satu jaringan radio, ada yang disindikasikan kebanyak radio secara nasional yang tidak hanya pada satu kepemilikan jaringan radio, dan ada juga yang disindikasikan secara global ke banyak negara.

Di Indonesia sendiri list music chart ini di jadikan salah satu tool branding radio dengan memajang printed music chart ini di banyak tempat, khusus nya di music store ternama di masing-masing kota, kalau di Bandung bisa kita temukan di Aquarius di jalan Dago, atau pun di sejumlah toko musik/kaset lainnya.

Contoh music chart Ardan FM Bandung - Ardan Flight 40 dan Ardan Persada Tujuh (1996):


Oz Weekly Top 40 nya Oz 103 FM (1994):


Rase Top 40 nya 102.3 Rase FM Bandung (1996), di on-air kan hanya top 12 nya:

Seiring perkembangan teknologi, kini radio-radio tidak lagi me-release printed music chart nya, mereka mempublikasikannya nya melalui website radio masing-masing.

No comments:

Post a Comment