Monday, September 23, 2013

Sticker | Ardan Radio 105.8 FM Bandung (2003 dan 1996) -UPDATE-

Berikut ini update mengenai artikel mengenai sticker Ardan Radio yang telah diposting pada tanggal 21 September 2013 lalu.


*Sticker 'A!' versi awal (1996)

Pada pertengahan 1990an,  Ardan Radio sudah tidak lagi menggunakan brand 'Ardan Hi-Tech FM' maupun 'The Bird Station', dan lebih menguatkan pada nama stationnya: 'ARDAN'. Salah satu yang mendasari hal ini pula adalah karena Ardan sudah dikenal secara luas oleh anak muda kota Bandung pada dekade 90an, dan telah menjadi stasiun radio paling populer dan menjadi #1 di Bandung sejak tahun 1993 untuk format atau target pendengar anak muda. Pada masa ini lah mulai diperkenalkan satu desain logo berupa tulisan: 'A!' yang dapat dianologikan sebagai prestasi 'sangat baik' (A!, excellent), A dapat disimbolkan sebagai huruf pertama pada kata 'Ardan', atau bahkan (ini serius atau bercanda) sempat disampaikan oleh penemu/creator awal simbol 'A!' ini alm. Ukun KC salah satu penyiar top Ardan Radio pada masa itu kepada saya... pendengar/anak muda di Bandung pada masa itu jika ditanya: "Radio apa yang suka didengar atau yang menjadi favorit?" sering dijawab: "Ardan, A!" (A di sini adalah kependekan dari kata Aa, sapaan untuk kakak (yang dituakan) laki-laki dalam Bahasa Sunda) :D Entah benar atau hanya bercanda yang dijelaskan almarhum ini :-)


*Sticker Ardan (1995-2004)

Dari pertengahan 1990an hingga 2010an, Ardan menggunakan logo (dan sticker) berupa persegi panjang berwarna kuning hitam bertuliskan 'ARDAN' dengan tulisan lokasi frekuensi (105.8, dan 105.9 setelah perubahan frekuensi pada 2004) dan coverage area. Logo yang terus dipertahankan Ardan Radio, logo yang digunakan sejak Ardan terus meraih prestasi di dunia radio di Bandung dan sekitarnya, bahkan nasional, baik kesuksesan internal maupun eksternal perusahaan.

Sticker persegi panjang kuning hitam ini pula sangat populer bahkan ditiru banyak stasiun radio lainnya di Bandung dan Jawa Barat, bahkan dapat dianggap bila logo stasiun radio itu identik/memiliki standar desain berupa persegi panjang dan berwarna kuning hitam :D

No comments:

Post a Comment