Saturday, September 21, 2013

Sticker | Ardan Radio Bandung (2013, akhir 1990an, awal 1990an)

Ardan Radio yang kini beroperasi pada frekuensi 105.9 FM adalah stasiun radio #1 untuk target pendengar anak muda di kota Bandung dan sekitarnya. Salah satu radio tersukses di Bandung yang terus konsisten melayani target pendengar utamanya.


*Sticker Ardan Radio... A!

Radio yang kini terkenal dengan tagline "Stay Cool and Lovely" memainkan musik pop mainstream atau yang sedang menjadi hit, baik musik Indonesia (sekitar 60%) ataupun internasional (sekitar 40%). 

Ardan Radio pada tahun 1970an hingga awal 1980an dikenal sebagai Radio Bong-Kenks. Pada tahun 1983 berganti nama menjadi Radio Ardan dan beroperasi pada frekuensi AM 1278 kHz, 234 meter

Pada tahun 1989 mulai mengudara pada frekuensi 105.8 FM. Tidak hanya berganti beroperasi pada frekuensi FM yang pada akhir 1980an sudah menjadi kebutuhan untuk melayani pendengarnya Radio Ardan pun berinvestasi infrastruktur yang terbilang canggih pada masa tersebut, sehingga brand nya menggunakan nama: "Ardan Hi-Tech FM", perangkat siar terbaik, sistem komputerisasai, pemancar terbaik, perangkat produksi menggunakan "Audio Vault" yang sangat canggih dan reliable pada masa tersebut, mengikuti standar terbaik dan tebaru di industri radio siaran di Amerika Serikat.

Tidak hanya pada infrastruktur, agar mampu bersaing dengan stasiun-stasiun radio lainnya di Bandung dan sebagai bagian dari brand development, 'unique selling point', dan kegiatan marketing, Radio Ardan pun membuat terobosan dengan memposisikan dirinya sebagai "The Bird Station", dimana semua nama penyiarnya menggunakan nama-nama burung, seperti: Rick Falcon, Peter Hawk, Jack Eagle, Helen Peacock, Sam Sparrow, Cindy Colibri, Kiki Kaswari, dan lain-lain.. demikian juga dengan beberapa nama program acaranya bernuansa 'burung', seperti: Ardan Flight 40, First Flight, Fly After Flight, dan lainnya.

  
*Sticker Radio Ardan ketika masih menggunakan brand 'Ardan Hi-Tech FM'

Pada akhir tahun 1990an, Ardan membuat keputusan tidak menggunakan brand 'Ardan Hi-Tech FM' maupun 'The Bird Station' dan menjadi Ardan FM, dan kemudian seringkali menggunakan brand Ardan Bandung FM ketika secara konsisten menjadi radio #1 untuk anak muda Bandung (Ardan menyapanya dengan sebutan 'Insan Muda').

Pada tahun 2004, Ardan FM mulai beoperasi pada frekuensi 105.9 FM hingga sekarang. Dan mulai tahun 2012 lalu Ardan FM kembali menggunakan brand Ardan Radio.

Ardan Radio kini menjadi bagian dari Ardan Group yang juga mengelola Radio-B 95.6 FM dan Radio Cakra 90.5 FM di Bandung.

Dan berikut ini, salah satu sticker yang pernah direlease Ardan pada awal tahun 1990an:

Beberapa desain sticker Ardan Radio yang lainnya akan coba diposting pada kesempatan yang akan datang. dapat dilihat pada link berikut ini (-UPDATE-)

Beberapa artikel mengenai Ardan Radio yang lainnya dapat dilihat pada link berikut:
Papan iklan dalam ruang Ardan Radio (2013)
- Music chart Ardan FM (pertengahan 1990an)

No comments:

Post a Comment