Wednesday, October 16, 2013

Studio Interior | Radio Dahlia 101.5 FM Bandung (2013)

*Indoor sign Radio Dahlia 101.5 FM

Radio Dahlia 101.5 FM kini adalah stasiun radio peringkat nomor 1 pada rating jumlah pendengar untuk wilayah kota Bandung dan sekitarnya (berdasarkan data riset Nielsen Q3, 2013).

Pada sekitar tahun 1968, bermula dari sebuah usaha kecil dari keluarga Ny. Siti Dahlia yaitu usaha jasa kecantikan dengan nama 'Salon Dahlia'. Dalam upayanya untuk lebih mempromosikan dan meningkatkan usaha jasa kecantikannya pada waktu itu, pemilik usaha mencoba untuk berpromosi dengan mendirikan pemancar radio siaran amatir yang diberi nama Radio Dahlia.

Radio Dahlia secara resmi didirikan pada tanggal 18 Agustus 1970 dioperasikan oleh PT. Radio Dahlia Flora dan mengudara pada gelomvang 'Short Wave' (SW), dan selanjutnya beralih pada gelombang 'Middle Wave' (MW), frekuesi AM 1224 kHz. Ketika beoperasi pada frekuensi AM ini kantor dan studio Radio Dahlia berlokasi di Jalan Emur I, daerah Jalan Karapitan, Bandung.


*Cover map Radio Dahlia ketika masih mengudara pada AM 1224 kHz

Radio Dahlia sejak tanggal 6 November 1994 berpindah ke frekuensi 101.6 FM, dan  pada tanggal 3 Mei 2004 dengan adanya peraturan baru mengenai penataan ulang frekuensi FM secara nasional, Radio Dahlia berpindah frekuensi pada 101.5 FM hingga sekarang.

Radio Dahlia sejak awal didirikan konsisten membidik pendengarnya (yang biasa disapa dengan audience call 'Wargi Dahlia') yang menggemari musik dangdut, pop sunda, dan pop Indonesia melalui berbagai macam program siaran (on air),  aktifitas off air-nya, maupun melalui on-line.

Tagline yang digunakan Radio Dahlia adalah 'Barometer Musik Hits Terkini', sebelumnya menggunakan tagline 'Bandung Goyang Sik... Asik'.

Radio Dahlia kini menempati kantor dan studio di Jalan Burangrang, Bandung. Berikut ini beberapa foto mengenai interior studio siarannya Radio Dahlia:





Radio Dahlia kini terus berkembang secara bisnis, dan kini menjadi Dahlia Group yang selain mengelola Radio Dahlia 101.5 FM juga mengoperasikan Hits Radio 103.9 FM. Artikel mengenai Hits Radio Bandung akan segera dipublish pada artikel-artikel selanjutnya


Berikut ini foto-foto sticker yang pernah di-release Radio Dahlia:

*Sticker Radio Dahlia ketika masih di 101.6 FM (pertengahan 1990an)


*Sticker Radio Dahlia (2013)

No comments:

Post a Comment