Wednesday, February 20, 2013

Sticker | 104.4 GMR FM Bandung (awal 1990an)


104.4 GMR FM, The Rock Station di Bandung (kini station nya sudah tidak mengudara lagi-defunct) pada dekade 1990an adalah salah satu radio favorit anak muda di Bandung. Radio ini satu-satunya stasiun yang hanya memainkan format musik rock.

Sebelumnya GMR (singkatan dari Generasi Muda Radio) dikenal sebagai Radio YG (Radio Young Generation) ketika mengudara pada gelombang AM 1368 kHz pada dekade 1980an.

Beberapa acara terkenal yang pernah mengudara di 104.4 GMR FM antara lain Siksik (acara dukung lagu), Ring My Bell, 439952, 10 Weekly Rock Show, Philharmonic, MTKJ (Mereka Tanya Kami Jawab, acara membahas surat dari pendengar GMR FM), Dasa Tembang 1044 GMR (acara rock chart band/musisi rock asal Indonesia), Cagak Hidup (acara religi), dan masih banyak lagi.

104.4 GMR FM berstudio di Dr. Hatta No. 15 Bandung. Kini GMR FM sudah berganti kepemilikan, dan kini menjadi Radio U-FM Bandung yang mengudara di 104.3 FM.

12 comments:

  1. Siksik itu favorit saya! Sayang bgt tdk ada lagi radio seperti ini :(

    ReplyDelete
  2. @Patricia - nama "Siksik" ini menurut info yang didapatkan dari salah satu mantan penyiar GMR FM muncul ketika alm. bang Erwin Sitompul, owner/founder GMR FM/Radio YG ketika melihat aktifitas tukang bubur ayam yang biasa pagi-pagi mampir di depan studio GMR FM, di jalan Dr. Hatta no. 15.. suatu ketika ketika diperhatikan tukang bubur ayam ini sedang memotong-motong tipis cakue yang akan digunakan pada bubur dagangannya.. kemudian bang Erwin memberi nama konsep acara dukung lagu khas GMR ini dengan nama "Siksik" :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lagu opening Siksik nya naon yah..ada yang tahu?

      Delete
    2. kalo gak salah.. lagunya Guy Mann Dude..Paint It Black.
      Vudeo Clip nya:
      https://www.youtube.com/watch?v=4zEi3yXy_5g

      Delete
  3. Saya lagi nyari jinglenya GMR Radio... Kira2 dimana bisa saya dapatkan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, niko.. jingle GMR FM yang mana ya? sepengetahuan saya GMR FM dulu tidak memakai (singing) jingle.

      Delete
  4. legend banget nih, Bang Mega dan Mba Arin pada kemana ya?

    ReplyDelete
  5. Jaman SMP, waktu nyoba2 jadi anak band, referensi lagunya ya awalnya dari GMR FM ini..paling suka Siksik & Philharmonic (banyak senior2 bilang "kudu bari nge-fly dengerna acara eta mah :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. :P
      GMR 104.4 FM.. The Rock Station.. No Drugs and No Alcohol :D

      Delete
  6. Pengin lagi dengar sik2 kyk dulu lagi di era akhir th 80 an

    ReplyDelete