Friday, February 15, 2013

Sticker | Prambors Rasisonia 102.3FM Jakarta (awal 1990an)

Radio Prambors Jakarta merupakan salah satu radio legendaris yang menjadi radio icon anak muda nya Jakarta, bahkan Indonesia.

Radio yang kini beroperasi di frekuensi 102.2 FM sebelumnya mengudara di AM 666 kHz dan ketika bermigrasi ke gelombang FM diakhir dekade 80an menempati frekuensi 102.3 FM dan kemudian dipindahkan ke 102.2 FM ketika dilakukan penataan frekuensi tahun 1993 lalu.

Banyak penyiar top dan acara-acara sukses yang lahir melalui radio ini sebut saja Dono-Kasino-Indro nya Warkop; Sys NS dan team di Sersan Prambors, Ida Arimurti (bersama Krisna Purwana dia cara Porsi Kamu, kemudian berlanjut di FeMale Radio dan Delta FM lewat acara "Ida Krisna Show"), Artha Bangun, Meuthia Kasim, Iwan Haryono, Epri, Asri Poeratmadja, Aryono Arifin, Becky Tumewu, Ferdy Hasan, Irfan Ikhsan, Arlingga Panega (Angga), Fla Priscilla, Daddo Parus, Praditya Soetrisno, Vena Annisa, DJ Danoe, Arie Dagienkz & Desta, dan lain-lain.

Radio yang secara hukum didirikan pada tanggal 18 Maret 1971 ini awalnya berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Kata "Prambors" sendiri berasal dari sejumlah nama jalan di kawasan tersebut dimana para pendirinya dulu tinggal: PRAmbanan Mendut BORobudur, Penambahan huruf S pada awalnya agar terdengar agak kebarat-baratan (sesuai trend pada masa awal 1970an), namun kemudian diartikan sebagai "dan Sekitarnya". 

Kemudian setelah kata Prambors ini disertakan pula kata Rasisonia, sehingga banyak orang yang mengenalnya sebagai Prambors Rasisonia. Ini sesuai nama PT (perseroan terbatas) ketika didirikan, namun pada perkembangannya nama PT nya menjadi PT. Radio Prambors.
Kata Rasisonia sendiri adalah singkatan dari "Radio Siaran Sosial Niaga"



Pada awal 1990an Prambors sempat re-branding sebagai 102.3 FMania dan mengelar acara kuis dengan nama sama. Sticker kuning nya menjadi sticker sejuta umat, terpasang di banyak kaca belakang mobil di Jakarta pada waktu itu. Bahkan tidak sedikit fans nya yang rela membuat sendiri sticker nya :D

No comments:

Post a Comment